Selasa, 15 Maret 2011

Garis Misterius Nazca



GARIS Nazca adalah sketsa raksasa yang diperkirakan di gambar oleh masyarakat kuno Nazca di sebuah gurun di Barat Peru. Kisah yang menyelimuti karya misterius ini merupakan salah satu atraksi wisata menarik yang di tawarkan Peru.




Garis-garis Nazca sebenarnya merupakan rangkaian geoglif yang terletak di Gurun Sechura, khususnya di Gurun Nazca, daerah yang panjangnya lebih dari 80 km antara kota Nazca dan Palpa di Peru. Gurun ini tidak berpasir, tetapi terbuat dari permukaan batu merah gelap dengan lapisan tanah yang berwarna lebih terang di bawahnya.

Proses pembuatan garis-garis ini ialah dengan mengikis lapisan tanah atas yang berwarna gelap untuk memunculkan lapisan tanah di bawahnya yang berwarna lebih tarang.

Tampaknya masuk akal jika gambar buatan ini telah bertahan selama ratusan tahun. Ini terlihat dari penjelasan alami dimana permukaannya terbuat dari batu, bukan pasir. Selain itu iklim di daerah ini praktis tidak menyebabkan erosi. Bangsa Nazca juga nampaknya memilih tempat yang sangat baik untuk membuat monumen abadi ini.

Geoglif ini diperkirakan dibuat antara 200 SM dan 700 M dengan menggunakan peralatan dan teknologi sederhana. Teori ini didukung dengan ditemukannya keramik dan pasak kayu di beberapa ujung garis. Kuburan dan reruntuhan peradaban mereka juga ditemukan di dekat garis.

Gambar-gambar yang dibuat pada skala besar ini hanya dapat terlihat jelas bentuknya jika disaksikan dari udara. Terdapat banyak gambar, dari yang sederhana sampai yang rumit, seperti gambar burung, laba-laba, monyet, ikan, astronot, tangan dan pohon.

Garis-garis Nazca sendiri baru mulai marak diperbincangkan pada era tahun 1920-an. Bermula dari cerita penumpang pesawat terbang yang melintas daerah Nazca, ia mengaku seperti melihat garis-garis samar membentuk berbagai macam bentuk makhluk hidup dengan dimensi yang besar.

Sejak kabar penemuan itu, para arkeolog dari seluruh belahan dunia berbondong-bondong datang ke daerah Nazca untuk melihat dan meneliti lebih lanjut mengenai garis-garis Nazca.

Namun hinggi kini, gurun ini masih menjadi salah satu tempat didunia yang banyak diliputi misteri. Banyak pertanyaan-pertanyaan muncul mengenai asal usulnya. Ini juga memunculkan berbagai macam cerita dan hipotesis tentang tujuan masyarakat kuno yang sampai saat ini belum terjawab.

Untuk melihat karya spektakuler dari kebudayaan Nazca ini, www.peru-explorer.com menawarkan paket wisata menggunakan pesawat dengan harga US$310 (sekitar Rp2,7 juta) per orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Text Widget